· 

PT KONTAK PERKASA FUTURES | Kenali Gejala Tanda-Tanda Alami Gagal Ginjal

PT KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA - Gagal ginjal merupakan salah satu penyakit yang memberikan masalah serius. Penyakit ini terjadi karena organ ginjal mengalami penurunan hingga menyebabkan tidak mampu bekerja dalam menyaring elektrolit tubuh, menjaga keseimbangan cairan dan zat kimia tubuh (sodium dan kalium) dalam darah atau produksi urine.

Dikutip dari berbagai sumber, Jumat (23/2/2018), kenali gejala yang muncul saat seseorang mengalami gagal ginjal. Deteksi yang lebih dini akan membantu pengobatan yang lebih baik.

1. Kelelahan

Pada awalnya, gejala yang muncul pada gagal ginjal mungkin tidak terasa. Seiring berjalannya waktu, karena penumpukan produk limbah dan kelebihan cairan dalam tubuh, kelelahan dan sesak napas mulai muncul sebagai tanda adanya masalah pada ginjal seseorang. Ketidakmampuan untuk membuang potasium dari aliran darah dapat menyebabkan irama jantung yang abnormal bahkan bisa mengarah pada kematian mendadak, demikian dikutip dari Medicine Net.

Selain itu, akibat gagal ginjal, organ tersebut menjadi bekerja keras slaah satunya untuk membuat erythropoietin (hormon yang diperlukan untuk membuat sel-sel darah merah). Ketika ginjal rusak, maka produksi erythropoietin menjadi menurun dan mengakibatkan anemia.

2. Mudah Menggigil

Saat kamu mudah menggigil meski suhu tidak begitu rendah, ini merupakan pertanda adanya masalah dalam tubuh. Meski gejala ini sangat umum, akan tetapi kamu juga patut mewaspadainya sebagai gejala gagal ginjal yang terjadi akibat anemia atau kekurangan sel-sel darah merah.

Untuk memastikannya, kamu dapat memeriksakan diri ke dokter. Biasanya, dokter akan menyarankan untuk meningkatkan asupan zat besi, minum lebih banyak air. Jika memang terbukti mengalami masalah pada ginjal, pengobatan ginjal juga akan dilakukan untuk mengatasi masalah yang sedang di hadapi.

3. Rasa Mual

Lagi-lagi tanda yang muncul dari penyakit ginjal juga sering kali samar, alias bisa sama dengan berbagai kemungkinan penyakit lainnya. Nah, biasanya, sebelum rasa mual muncul, gejala yang pertama kali muncul adalah rasa gatal pada kulit yang kemudian diiring dengan rasa mual bahkan muntah yang konstan dalam beberapa hari.

Terlebih, mulut juga terasa tidak enak ketika sedang makan. Gejala ini memang sulit dibedakan apakah hanya mual biasa atau karena adanya masalah serius. Jika kamu sudah menemukan gejala lainnya yang menyerupai ciri gagal ginjal, segera periksakan diri ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

4. Perubahan Pada Buang Air Kecil

Melekat untuk masalah ginjal, perubahan pada pola buang air kecil adalah salah satu hal yang paling disoroti. Misalnya ketika seseorang sering buang air kecil, terutama pada malam hari, yang mungkin merupakan indikasi awal bahwa seseorang mengalami gagal ginjal. Warna urine pun mengalami perubahan menjadi keruh atau kuning kecokelatan.

Paling mudah, ketika hasil lab menunjukan adanya positif pada temuan protein pada urine. Hasil pemeriksaan lab lainnya biasanya menunjukan adanya creatinine darah yang naik dan Hemoglobin yang turun. Apabila kondisi cukup mengkhawatirkan, biasanya ditemukan darah dalam urine atau yang disebut hematuria.

5. Pembengkakan

Gagal ginjal membuat ginjal bekerja dengan sangat keras dan kurang maksimal, akibatnya banyak cairan yang gagal dibuang oleh tubuh. Cairan ini akan menempati ruang di mana saja di dalam tubuh. Itu sebabnya bisa terjadi pembengkakan pada kaki, lengan, tangan, atau wajah karena akumulasi cairan. Pembengkakan juga bisa meluas ke area lain.

Akan tetapi, pembengkakan juga salah satu gejala yang bisa terjadi pada penyakit lainnya. Bila memang sudah mencurigai adanya masalah pada ginjal diikuti dengan tanda-tanda seperti rasa kelelahan yang tak kunjung hilang, sesak napas, perubahan pada buang air kecil, dan berbagai ciri lainnya, jangan tunda untuk memeriksakan diri ke dokter.


Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua. PT KONTAK PERKASA FUTURES



Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | PT KONTAK PERKASA FUTURES

2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES

3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES

4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | PT KONTAK PERKASA FUTURES

5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | PT KONTAK PERKASA FUTURES

6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | PT KONTAK PERKASA FUTURES

7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES



Sumber : health.detik